Surabaya, Indonesia
Whatsapp +62 813 8833 5050
Close
Surabaya, Indonesia
+62 813 8833 5050 hello@wonderjus.com

Apa yang terbesit di benak anda saat mendengar kata metabolisme ?

Seringkali kata ini dikaitkan dengan bentuk tubuh seseorang. Jika dia gemuk, maka dikatakan metabolisme tubuhnya lambat dan buruk. Sedangkan jika kurus maka dikatakan metabolisme tubuhnya baik. Faktanya, tidak selalu demikian.

Metabolisme adalah proses pembakaran energi atau kalori yang ada dalam tubuh untuk melakukan suatu aktivitas.Pembakaran kalori ini terjadi setiap saat, sehingga tubuh bisa berproses dengan normal. Mulai dari bernafas, bergerak, atau hanya sekedar membalas pesan di smartphone.

Lantas, adakah perbedaan antara mencerna dan metabolisme ?

Jelas beda! Proses mencerna hanya sebatas mengolah dan memecah makanan menjadi zat gizi. Sedangkan metabolisme yaitu proses dimana tubuh mengubah zat gizi yang telah diserap oleh tubuh menjadi energi untuk menjalankan fungsi tubuh sebaik mungkin.

Nah, metabolisme ini berjalan atas 3 faktor, yaitu :

  1. Pembakaran seluruh kalori dalam tubuh agar tetap hidup.
  2. Pembakaran kalori akibat gelisah atau menggigil
  3. Pembakaran kalori dengan cara olahraga.

Ketiga faktor itulah yang menjadi pemacu dari seluruh proses metabolisme pada tubuh. Yang mana, porsi terbesar dipegang oleh pembakaran alami sebagai bentuk bertahan hidup. Untuk faktor akibat gelisah atau menggigil hanya sekitar 20 persen, dan faktor olahraga hanya 10 persen.

Lalu, bagaimanakah cara agar metabolism dalam tubuh kita bisa berjalan dengan cepat dan maksimal?

Beralih ke pola hidup sehat menjadi jalan satu-satunya. Nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh tubuh harus seimbang dan tidak melebihi batas dari kalori yang dibutuhkan. Perbanyak serat, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat.

Tapi, bukan berarti akhirnya kita mengubah porsi makan menjadi dalam jumlah kecil! Saat awal melakukan diet, tubuh akan mengalami adaptasi metabolik, yang mana secara otomatis akan membuat tubuh ada dalam mode lapar. Sehingga, jika porsi kita kurangi secara drastis tubuh akan merasa kelaparan karena tidak adanya cadangan makanan, dan metabolisme pun menjadi lambat.

Namun hal ini tidak terjadi pada semua orang. Baiknya, sebelum melakukan proses diet kita mengetahui bagaimana kondisi metabolisme tubuh sehingga dapat ditentukan metode diet yang tepat.

Tidak sedikit orang yang pada akhirnya gagal diet akibat terlalu sering ganti metode. Sebab, tubuh juga semakin sering melakukan adaptasi yang berdampak pada melambatnya proses metabolisme tubuh.

Latihan interval yang tinggi juga bisa berdampak pada peningkatan metabolism. Diantaranya : lari, renang, jogging, bersepeda, atau angkat besi. Sehari cukup 10 – 20 menit saja, lho!

Metabolisme memang tidak ada kaitannya dengan bentuk tubuh, dan belum pasti yang gemuk memiliki metabolisme lebih buruk disbanding si kurus. Begitupun sebaliknya. Tapi satu hal, dengan membiarkan adanya penumpukan kalori di tubuh tanpa mengeuarkan maka itu juga bisa berdampak buruk. Zat racun akan ikut andil di penumpukan itu sehingga menjadi lemak jahat yang mendatangkan berbagai penyakit.

Kamu bisa mulai cobain Wonderjus, deh!

Jus alami yang kaya akan antioksidan ini berperan baik dalam proses detoksifikasi yang ada dalam tubuh. Sehingga, zat yang tersisa dalam tubuh dapat terproses dengan baik tanpa terganggu adanya racun atau bakteri dari sampah makanan yang sudah lama menumpuk.

Selain membantu proses detoks, Wonderjus juga bisa menjadi teman sehat kamu setiap hari! Kandungannya dapat berperan aktif menangkal zat radikal bebas, sehingga nggak ada lagi alasan untuk nggak segera move ke pola hidup sehat.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat via Whatsapp